MENGENAL FUNGSI, JENIS DAN MATERIAL KOLOM

Berbicara soal struktur bangunan, salah satu elemen yang penting adalah kolom. Kolom menjadi bagian yang penting dalam konstruksi untuk membuat bangunan kokoh dan Kuat.Tanpa kolom yang baik, bangunan akan gampang roboh karena kolom menjadi penerima beban dari atap yang didistribusikan hingga permukaan tanah.



Berikut pengertian kolom bangunan, fungsi hingga jenis-jenisnya.

Pengertian Kolom Bangunan

Berdasarkan Wikipedia, Kolom atau pilar merupakan istilah teknik arsitektur yang mengarah pada elemen struktural yang meneruskan tekanan, yaitu berat struktur di bagian atas (atap) ke elemen struktur lain di bawahnya (landasan atau pondasi).

Dengan kata lain, sebuah kolom adalah anggota kompresi. Istilah kolom biasanya diterapkan kepada struktur penopang berpenampang lingkaran (batangkolom) dengan kapital dan dasar atau pedestal. Secara umum, kolom adalah bagian struktur bangunan yang menjadi penghubung dengan fungsi penahan beban dari dinding atau bangunan atas ke bagian pondasi dasar secara vertikal.


Fungsi Kolom

Kolom sendiri berfungsi untuk penerus beban secara menyeluruh pada bangunan hingga ke bagian dasar rumah atau tanah. Kolom sangat penting karena menjadi pilar atau rangka yang menjadi kekuatan suatu bangunan bisa berdiri tanpa roboh.

Dalam sebuah bangunan, posisi kolom berhubungan dengan kestabilan dan ketahanannya. Struktur kolom rata-rata berbahan besi dan beton, yang teruji melindungi bangunan dari beban dan tekanan. Yang paling penting adalah, Anda harus memahami jenis dan bentuk kolom yang cocok untuk bagunan.


Nah, berikut kita akan bahas jenis-jenis kolom yang disesuaikan dengan struktur bangunan.

Jenis Kolom Bangunan

Jenis kolom sendiri sangat beragam, dilihat dari bentuk, struktur dan susunan bangunan. Itu sebabnya, sangat penting untuk memahami jenis kolom, agar Anda tidak salah pilih.

Jenis Kolom dari Bentuk dan Susunan Tulangnya


Jenis kolom ini terbagi atas tiga kategori, yakni :

- Kolom dengan Pengikat Sengkang Lateral

Kolom ini merupakan kolom yang ditulangi dengan batang tulangan pokok memanjang, dengan jarak spasi tertentu akan diikat dengan pengikat sengkang menuju lateral. Fungsinya untuk membuat kokoh tulangan pokok memanjang dalam bangunan.

- Kolom dengan Pengikat Spiral

Kolom bundar dengan bentuk spiral. Tulangan spiral ini akan dililitkan keliling membentuk heliks sepanjang kolom. Fungsi jenis ini untuk memberi kemampuan kolom dalam menyerap deformasi cukup besar, untuk mencegah adanya keruntuhan bangunan sebelum proses redistribusi momen dan tegangan terwujud.

-  Kolom Komposit

Kolom ini merupakan gabungan dari beton dan profil baja yang menjadi pengganti tulangan atau menjadi komponen struktur tekan yang diperkuat di arah memanjang dengan gelagar baja profil, dengan atau tanpa adannya batang tulangan pokok memanjang.



Jenis Kolom untuk Bangunan Sederhana

Jenis kolom ini terdiri dari dua jenis, yaitu :

- Kolom Utama

Kolom Utama adalah kolom dengan fungsi utamanya menahan beban utama tepat dibagian atasnya. Jika ingin diterapkan pada hunian atau tempat tinggal, biasanya akan berjarak sekitar 3,5 m, supaya dimensi balok dalam menompang lantai tak begitu besar. jika jarak dari kolom lebih dari 3,5 meter, struktur bangunan harus dihitung dengan tepat. Untuk penggunaan kolom utama di bangunan rumah lantai 2, akan menggunakan ukuran 20/20, dengan tulangan pokok berukuran 8 d 12 mm, dan begel d 8-10cm.

- Kolom Praktis

Kolom praktis merupakan kolom dengan fungsi yang menolong kolom utama dan juga sebagai pengikat dinding agar dinding stabil, jarak kolom maksimum 3,5 meter, atau pada pertemuan pasangan bata, (sudut- sudut). Dimensi kolom praktis 15/15 cm dengan tulangan beton 4 d 10 begel d 8- 20.

Jenis Kolom Bangunan Dilihat dari Bahan Konstruksi

Ada enam jenis, sebagai berikut :

- Kolom Baja

Kolom baja sendiri digunakan dalam konstruksi struktur baja ringan. Struktur baja memang lebih fleksibel, namun tetap memiliki karakteristik kuat dan awet jika dibandingkan dengan material lainnya. Kolom T menjadi yang paling sering diterapkan dalam struktur baja.

- Kolom Kayu

Kolom kayu juga menjadi yang sering digunakan sebelum banyak orang mengenal kolom dari beton. Pasalnya material ini sangat mudah diperoleh, namun Anda harus terlaten dalam perawatannya jika tidak ingin cepat rusak.

- Kolom Balok

Kolom jenis balok merupakan bahan campuran dari balok beton semen atau balok ACC. Memiliki berat struktur yang jauh lebih ringan dari kolom beton.

- Kolom Bata

Kolom bata adalah salah satu bahan struktur penahan beban yang paling sering digunakan. Berfungsi sebagai penopang stabilitas struktur susunan bata dan tampilannya yang alami, mampu membuat outdoor rumah.

- Kolom Batu

Sesuai namanya, kolom ini terbuat dari jenis batuan. Sama seperti bahan bata, kolom ini kerap digunakan karena unsur batu alam yang indah.

- Kolom Beton Bertulang

Jenis ini adalah bagian dari campuran baja. Digunakan untuk menaikkan daya tarik, karena beton kuat dalam hal kompresi akan tetapi tidak dalam hal tarikan.


Jenis Kolom Dilihat dari Bentuk Kolom, ada empat jenis yakni :

- Kolom Melingkar

Kolom jenis ini dipakai untuk tiang pancang dan elevasi bangunan dengan tetap mengutamakan estetika.Selain digunakan untuk tulangan dan ketahanan lentur yang lebih tinggi dari jenis persegi, kolom melingkar juga dapat digunakan untuk menyangga jembatan karena terbukti bisa menahan defleksi.

- Kolom Persegi

Kolom persegi begitu umum dipakai dalam konstruksi bangunan yang berat. Selain biaya yang lebih terjangkau, pengecoran kolom jenis ini lebih mudah karena dapat dengan mudah ditutup.

- Kolom T

Bentuk T untuk konstruksi diterapkan sesuai desain struktur yang digunakan. Biasanya digunakan dalam konstruksi jembatan.

 - Kolom L

Kolom berbentuk L memiliki bentuk dan karakterisitik seperti kolom persegi, berada di bagian sudut  dinding batas.


Pada umumnya, material struktur dalam kolom terbuat dari bahan besi dan beton. Dua bahan ini adalah gabungan untuk tujuan tahan tarikan dan tekanan. Besi merupakan material yang kuat dalam hal tarikan, sementara beton merupakan material tahan tekanan.

Gabungan dua material pada struktur beton menjadikan kolom atau bagian struktural yakni sloof dan balok dapat menahan gaya tekan dan gaya tarik.

Sementara dari sisi fungsinya, material pembentuk beton yakni semen dan air menjadi perekat yang dengan agregat halus yang menjadikan adanya mortar yang berguna untuk mengikat agregat kasar dari satu kesatuan bahan.

Agregrat kasar sendiri menjadi pengisi untuk menambah kekuatan dan memperkecil adanya penyusutan, sementara mortar akan menutup semua permukaan agregat kasar karena setelah mengeras, bahan akan memadat.

Fungsi kolom pada bangunan ternyata sangat penting dan menjadi salah satu elemen dasar dari hunian dengan kualitas terbaik. Pilih jenis kolom yang sesuai dengan hunian Anda.






Kontak : 081284068275

Website :


#JasaKontraktorBangunanPurwokerto
#JasaKontraktorRumahPurwokerto
#JasaBangunRumahPurwokerto
#KontraktorBangunanDiBanyumas
#PemborongDiBanyumas





kontraktor di purwokerto, pemborong di purwokerto, Kontraktor Purwokerto,Kontraktor Purwokerto merupakan sinonim lain dari kata Pemborong purwokerto, definisi lain “Kontraktor” berasal dari kata “kontrak”, kontraktor umum terbaik di purwokerto banyumas
banyumas/purwokerto/jasa-pembangunan
daftar lengkap dari kontraktor umum terbaik di Purwokerto dan di sekelilingnya dari Banyumas - Central Java.
Daftar Nomor Telepon Dan Alamat Kontraktor Umum Purwokerto
info/kontraktor-umum/purwokerto/
daftar nomor telepon dan alamat kontraktor umum di purwokerto halaman 1 banyak kontraktor umum tergabung dan temukan 

pricelist brosur terbaru dari Kontraktor di Banyumas
Wirajaya Mitra Rekacipta contact 0856 737 9275 menawarkan jasa kontraktor bangunan rumah, jasa kontraktor di purwokerto, 

jasa kontraktor di banyumas
Kontraktor Purwokerto Murah – daftar kontraktor di purwokerto
daftar kontraktor di purwokerto, perusahaan kontraktor di purwokerto, lowongan kerja kontraktor purwokerto, jasa 

kontraktor bangunan di Purwokerto
www.kontraktorpurwokerto.com
jasa desain rumah, gambar rumah minimalis, desain rumah minimalis, kontraktor bangunan, biaya renovasi rumah, kontraktor 

rumah.
Contractors di Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Jelajahi Kontraktor di Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia dengan bantuan teman-teman Anda.
Kontraktor Interior Purwokerto
kontraktor-interior-purwokerto
desain interior purwokerto jasa arsitektur purwokerto jasa desain interior purwokerto







Kontraktor di Purwokerto

Anda sedang mencari layanan jasa Kontraktor di Purwokerto? Kami team Desain Bangun Renovasi Wirajaya Mitra Rekacipta  menyediakan jasa layan...