JENIS-JENIS MATERIAL FINISHING INTERIOR

Finishing pada furnitur dilakukan ketika furnitur telah selesai dibuat. Proses pelapisan dengan material tertentu agar furnitur lebih rapi dan terlihat indah. Agar tak salah pilih, berikut jenis-jenis material finishing yang sering digunakan.

1. HPL

HPL atau High Pressure Laminate merupakan material finishing pertama yang terkenal kuat dan memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Ini karena campuran serat kayu dan akrilik yang terdapat di dalamnya.  HPL terdapat berbagai warna dan motif. Harga pun berbeda beda, yang paling murah biasanya HPL yang bermotif polos, sedangkan HPL yang memiliki motif kayu biasa relatif lebih mahal.

2. Akrilik

Material akrilik cocok bagi yang suka dengan warna-warna cerah. Namun kekurangan akrilik adalah sukar dilipat/dibengkokan sehingga perlu untuk disambung jika dipakai finishing pada sudut furnitur.

3. Melamik

Melamik merupakan material berbentuk cairan melanin yang penggunakannya adalah disemprotkan pada permukaan furnitur yang sudah didempul, diamplas, serta di cat. Teknik finishing dengan material ini bisa menghasilkan 2 jenis furnitur, yakni glossy (mengkilap) dan doff (tidak mengilap). Furnitur yang biasa dilapisi dengan teknik melamik ini seperti bahan yang berbahan dasar kayu jati atau kayu yang memiliki serat bagus sehingga akan memunculkan efek natural dan elegan pada kayu tanpa menutupi serat dari kayu itu sendiri.

4. PU atau Polyurethane

Dibandingkan dengan bahan-bahan sebelumnya, PU termasuk jenis yang lebih tebal filmnya. PU menyerupai plastik dan memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap panas maupun hujan. Namun, material ini tergolong mahal, dikarenakan proses aplikasi yang cukup susah, dan masih sedikit pengrajin yang yang menggunakannya.


5. Lacquer

Waterbased lacquer atau lebih umum disebut lacquer merupakan material finishing dengan tingkat ketahanan terhadap air dan goresan yang sangat baik. Bahan yang satu ini lebih banyak diminati oleh orang-orang Eropa.

6. Cat Duco

Proses pengerjaan teknik ini sendiri hampir mirip dengan teknik melamik, yaitu menggunakan semprotan. Cat duco dengan warna dasar yang cenderung solid dan polos akan memberikan hasil akhir tampilan yang doff maupun glossy. Perbedaan cat duco dengan melanin adalah serat pada furnitur akan tertutupi sehingga kesan minimalis, mewah, cerah, dan bersih akan terlihat.

7. Decosheet

Decosheet adalah material yang sekilas mirip dengan HPL. Karakteristik dari material ini adalah bahan tipis yang dibuat dari PVC. Bahan ini memiliki motif yang sangat beragam dengan harga yang relatif murah, dibandingkan dengan material finishing lainnya.

8. Veneer

veneer merupakan material finishing yang dibuat dari serat kayu asli. Motifnya pun tergantung dari jenis kayunya, bisa berupa jati, sungkai, kamper, atau mahoni. Bahan ini akan memberikan tampilan yang sangat bagus dan alami pada furnitur. Veneer terbilang mahal dan aplikasinya harus dilakukan dengan hati-hati karena sangat tipis.





Kontak : 081284068275

Website :


#JasaKontraktorBangunanPurwokerto
#JasaKontraktorRumahPurwokerto
#JasaBangunRumahPurwokerto
#KontraktorBangunanDiBanyumas
#PemborongDiBanyumas





kontraktor di purwokerto, pemborong di purwokerto, Kontraktor Purwokerto,Kontraktor Purwokerto merupakan sinonim lain dari kata Pemborong purwokerto, definisi lain “Kontraktor” berasal dari kata “kontrak”, kontraktor umum terbaik di purwokerto banyumas
banyumas/purwokerto/jasa-pembangunan
daftar lengkap dari kontraktor umum terbaik di Purwokerto dan di sekelilingnya dari Banyumas - Central Java.
Daftar Nomor Telepon Dan Alamat Kontraktor Umum Purwokerto
info/kontraktor-umum/purwokerto/
daftar nomor telepon dan alamat kontraktor umum di purwokerto halaman 1 banyak kontraktor umum tergabung dan temukan 

pricelist brosur terbaru dari Kontraktor di Banyumas
Wirajaya Mitra Rekacipta contact 0856 737 9275 menawarkan jasa kontraktor bangunan rumah, jasa kontraktor di purwokerto, 

jasa kontraktor di banyumas
Kontraktor Purwokerto Murah – daftar kontraktor di purwokerto
daftar kontraktor di purwokerto, perusahaan kontraktor di purwokerto, lowongan kerja kontraktor purwokerto, jasa 

kontraktor bangunan di Purwokerto
www.kontraktorpurwokerto.com
jasa desain rumah, gambar rumah minimalis, desain rumah minimalis, kontraktor bangunan, biaya renovasi rumah, kontraktor 

rumah.
Contractors di Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Jelajahi Kontraktor di Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia dengan bantuan teman-teman Anda.
Kontraktor Interior Purwokerto
kontraktor-interior-purwokerto
desain interior purwokerto jasa arsitektur purwokerto jasa desain interior purwokerto







Kontraktor di Purwokerto

Anda sedang mencari layanan jasa Kontraktor di Purwokerto? Kami team Desain Bangun Renovasi Wirajaya Mitra Rekacipta  menyediakan jasa layan...