JENIS KAYU PLYWOOD

plywood adalah kayu lapis atau yang biasa dikenal dengan nama tripleks atau multipleks. Kayu plywood sendiri dibuat dari lapisan-lapisan kayu atau veneer yang nantinya direkatkan satu sama lain menggunakan lem. Dalam proses pembuatannya, lapisan-lapisan kayu ini juga harus selalu dibuat dalam jumlah yang ganjil agar menciptakan konstruksi kayu yang tetap seimbang.

Pada awalnya, pembuatan kayu plywood didasarkan kepada kebutuhan papan lebar yang sangat besar. Namun, jika menggunakan kayu solid, maka akan sangat beresiko terhadap efek penyusutan kayu yang mengakibatkan kayu melengkung, melintir, atau pecah).

Oleh karena itu, banyak pengrajin yang memilih alternatif menggunakan kayu plywood untuk menghindari resiko tersebut. Plywood juga sering menjadi jenis material mebel yang sering digunakan oleh para pengrajin yang nantinya bisa diolah menjadi berbagai jenis furniture, salah satunya adalah lemari plywood.

Ukuran plywood sendiri bervariasi, namun umumnya ukuran standar untuk plywood di Indonesia adalah 2400mm x 1120mm. Sedangkan ketebalannya mulai dari 3mm sampai 32mm. Tentunya ukuran ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berbagai aneka jenis kayu lapis yang disediakan dan masing-masing dari jenis kayu tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing.

1. Blockboard

Untuk kayu lapis dengan jenis blockboard ini pada umumnya memiliki tiga lapisan kayu yang terdiri dari satu lapis kayu yang kemudian dilapisi dengan dua lembar lapisan kayu yang lebih tipis di kedua sisinya. Blockboard memiliki ketebalan yang bervariasi. Mulai dari 0,9 cm hingga 1,8 cm, dengan panjang x lebar sekitar 122 cm x 244 cm.

2. Multipleks

Jenis satu ini memiliki lapisan yang terdiri dari tiga atau lebih dengan ketebalan yang juga seragam. Dibanding dengan plywood blockboard, jenis multipleks ini memiliki bobot yang lebih berat. Hal ini disebabkan karena lapisan kayu yang digunakan untuk multipleks memiliki kualitas yang berbeda daripada blockboard. Teksturnya yang cukup rapat membuat multipleks memiliki daya tahan yang lebih tinggi.

3. MDF

MDF adalah singkatan dari Medium Density Fiberboard yang mana jenis plywood ini terbuat dari leburan kayu yang kemudian direkatkan dengan resin dan lilin. Plywood jenis MDF dapat dilengkungkan sebab serat kayu yang digunakan lebih halus. Biasanya bahan baku untuk membuat MDF berasal dari kayu pinus.

4. Particle Board

Untuk jenis material satu ini tentunya sering sekali digunakan untuk furniture siap rangkai yang biasanya ditemukan pada toko-toko mebel. Mirip dengan MDF, particle board juga terbuat dari serbuk kayu yang direkatkan menggunakan lem, lalu ditekan-tekan hingga membentuk sebuah lembaran. Namun untuk segi kualitas, plywood jenis particle board berada jauh di bawah jenis blockboard, multipleks atau jenis MDF.

5. Melamin

Plywood jenis ini memiliki permukaan yang halus dan licin, biasanya digunakan untuk melapisi permukaan plywood jenis blockboard atau multipleks, yang nantinya akan melalui tahap finishing duco. Furniture yang sering menggunakan plywood jenis melamin diantaranya adalah lemari, laci, dan meja. Ketebalan yang dimiliki plywood melamin adalah 2mm, 3mm, dan 9mm.


Kelebihan dan Kelemahan Kayu Plywood

Alasan banyak yang menggunakan kayu plywood sebagai alternatif pengganti kayu solid karena memiliki banyak kelebihan. Namun, diantara kelebihan tersebut terdapat juga beberapa kelemahan dari kayu lapis ini.

  • Lebih awet digunakan sebagai bahan pembuatan mebel dengan bidang datar yang lebar seperti lemari, pintu dan meja karena daya tahannya yang tidak mudah melengkung.
  • Mudah dibentuk dan digunakan untuk menjadi berbagai furniture kayu dan juga kerajinan tangan.
  • Plywood atau tripleks dengan kualitas premium biasanya dilapisi oleh lapisan anti rayap sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan material interior rumah.
  • Untuk jenis plywood yang biasa (bukan waterproof), tidak disarankan untuk dipergunakan sebagai material perabot outdoor, karena jika terus terkena air dalam waktu yang lama, maka ketahanannya pun akan berkurang.
  • Untuk ukuran plywood yang terlalu panjang, biasanya akan mudah untuk bengkok.



Kontak : 081284068275

Website :


#JasaKontraktorBangunanPurwokerto
#JasaKontraktorRumahPurwokerto
#JasaBangunRumahPurwokerto
#KontraktorBangunanDiBanyumas
#PemborongDiBanyumas





kontraktor di purwokerto, pemborong di purwokerto, Kontraktor Purwokerto,Kontraktor Purwokerto merupakan sinonim lain dari kata Pemborong purwokerto, definisi lain “Kontraktor” berasal dari kata “kontrak”, kontraktor umum terbaik di purwokerto banyumas
banyumas/purwokerto/jasa-pembangunan
daftar lengkap dari kontraktor umum terbaik di Purwokerto dan di sekelilingnya dari Banyumas - Central Java.
Daftar Nomor Telepon Dan Alamat Kontraktor Umum Purwokerto
info/kontraktor-umum/purwokerto/
daftar nomor telepon dan alamat kontraktor umum di purwokerto halaman 1 banyak kontraktor umum tergabung dan temukan 

pricelist brosur terbaru dari Kontraktor di Banyumas
Wirajaya Mitra Rekacipta contact 0856 737 9275 menawarkan jasa kontraktor bangunan rumah, jasa kontraktor di purwokerto, 

jasa kontraktor di banyumas
Kontraktor Purwokerto Murah – daftar kontraktor di purwokerto
daftar kontraktor di purwokerto, perusahaan kontraktor di purwokerto, lowongan kerja kontraktor purwokerto, jasa 

kontraktor bangunan di Purwokerto
www.kontraktorpurwokerto.com
jasa desain rumah, gambar rumah minimalis, desain rumah minimalis, kontraktor bangunan, biaya renovasi rumah, kontraktor 

rumah.
Contractors di Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Jelajahi Kontraktor di Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia dengan bantuan teman-teman Anda.
Kontraktor Interior Purwokerto
kontraktor-interior-purwokerto
desain interior purwokerto jasa arsitektur purwokerto jasa desain interior purwokerto







Kontraktor di Purwokerto

Anda sedang mencari layanan jasa Kontraktor di Purwokerto? Kami team Desain Bangun Renovasi Wirajaya Mitra Rekacipta  menyediakan jasa layan...